Pages

Ads 468x60px

Minggu, 07 Oktober 2012

Daftar Warisan Budaya Indonesia yang Sudah Diakui UNESCO


Indonesia kaya akan warisan budaya yang bernilai historis tinggi. Warisan budaya bangsa merupakan identitas bangsa yang menjadi kebanggaan bangsa dan harus terus kita lestarikan.

Salah satu warisan budaya bangsa yang sangat khas dan sudah mendapatkan pengakuan dari dunia internasional adalah batik. Tanggal 2 Oktober 2009, badan khusus PBB yang mengurusi masalah Pendidikan, Keilmuwan, dan Kebudayaan, UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) resmi memasukkan batik dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia.

Selain batik, masih banyak lagi warisan budaya kita yang telah diakui oleh UNESCO. Tercatat, ada 13 warisan budaya Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO. Warisan budaya Indonesia tersebut dikelompokkan ke dalam tiga kategori yakni warisan alam, cagar alam atau situs, dan karya tak benda.


  1. Warisan alam, yaitu:
    -Taman Nasional Ujung Kulon, Banten, yang diakui pada tahun 1991
    -Taman Nasional Komodo, di Nusa Tenggara Timur, yang diakui pada tahun 1991
    -Taman Nasional Lorentz di Papua yang diakui tahun 1999
    -Hutan tropis Sumatera yang mencakup Taman Nasional Gunung Leuser, Kerinci Seblat, dan Bukit Barisan, yang diakui tahun 2004.
  2. Warisan berupa bangunan cagar alam
    -Dua candi terbesar di Pulau Jawa yaitu Candi Borobudur dan Candi Prambanan dicatat oleh UNESCO di tahun 1991
    -Situs Manusia Purba Sangiran, tahun 2004
  3. Warisan budaya tak benda
    - Wayang, tahun 2003
    - Keris, tahun 2005
    - Batik, tahun 2009
    - Angklung, tahun 2010
    - Tari Saman, tahun 2011 lalu
    - Subak di Bali, Juni 2012

Banyak juga ya warisan budaya Indonesia yang sudah mendunia... :) #keren #proud

Sudah sepatutnya kita bangga dengan semua kekayaan dan potensi yang dimiliki bangsa kita.. Dengan segala potensi dan kekayaan tersebut, sangat mungkin bagi bangsa Indonesia untuk menjadi bangsa yang besar dan maju, asalkan potensi dan kekayaan tersebut benar-benar bisa dimanfaatkan dan dikelola dengan baik.

Kecintaan terhadap segala kekayaan dan identitas bangsa juga perlu terus dipupuk dan dipelihara agar tetap lestari, tidak tergerus oleh budaya dan identitas bangsa lain.



2 komentar:

  1. jangan lupa juga bahwa NOKEN , tas rajut tradisional dari Papua ( artikel di KoKi - Kolom Kita : http://kolomkita.detik.com/baca/artikel/33/2674/noken_tak_kenal_maka_tak_sayang ) pada 4 Des 2012 juga baru2 ini juga sudah diakui oleh Unesco sbg warisan budaya Indonesia ... Salam kenal ya

    BalasHapus
  2. Wah, bertambah lagi hasil kebudayaan bangsa kita yang sudah diakui oleh UNESCO.... keren.. #proud ... Salam kenal juga.. Terima kasih sudah mampir ke sini.. :)

    BalasHapus